Ads by google

TUTORIAL MEMBUAT EFEK CAHAYA DENGAN TEKNIK GAUSSIAN BLUR PADA CORELDRAW

Tutorial Membuat Efek Cahaya Menggunakan Teknik Gaussian Blur di CorelDRAW

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh, selamat pagi pelanggan setia, VianArt Printing akan memberikan sedikit tutorial bagaimana cara memberikan efek cahaya pada objek menggunakan aplikasi corelDRAW. Ada 2 cara yang dapat digunakan untuk memberikan efek cahaya pada objek, yaitu pertama menggunakan efek drop shadow,  yang kedua menggunakan teknik gaussian blur. 

Keunggulan Menggunakan Teknik Gaussian Blur

Menurut admin, menggunakan teknik gaussian blur memiliki keunggulan lebih dari pada menggunakan efek drop shadow, efek cahaya yang diberikan lebih halus dan lebih hidup dari pada menggunakan efek drop shadow. Mari sekarang kita praktekkan.


1. Pilih Objek Text Tool, terlebih dahulu.

2. Ketik Tulisan sesuai keinginan anda di lembar kerja yang disediakan.

3. Contohnya seperti diatas, admin ketik tulisan "Science, Mathematic, English - SME Class"


4. Selanjutnya yaitu kita membuat objek persegi panjang, agar bisa kita berikan warna background sesuai kita inginkan. Yaitu dengan cara pilih Rectangle tool, klik 2x secara cepat agar objek persegi panjang langsung terbuat otomatis sesuai dengan ukuran lembar kerja. (klik gambar diatas untuk lebih jelasnya)

5. Sekarang kita ke topik utama, membuat efek cahaya menggunakan teknik gaussian blur (gambar diatas belum dikasih efek cahaya)


6. Langkah kali ini khusus untuk kita yang membuat objek lebih dari satu untuk diberi efek cahaya, yaitu seleksi semua objek yang ingin diberi efek cahaya dengan cara drag and drop. (Klik gambar untuk lebih jelasnya)


7. Selanjutnya kita pilih objek contour tool.


8. Kemudian kita pilih menu outside contour pada menu property bar, di menu tersebut ada 3 hal yang perlu kita perhatikan, pertama ukuran contour, sudut contour, dan warna. Tetapi untuk warna nanti bisa kita berikan di sesi selanjutnya. (lihat gambar untuk lebih jelasnya)


 9. Kita zoom terlebih dahulu dengan cara di scroll ke depan (jika menggunakan mouse) atau pilih CTRL + Z, arahkan ke sudut huruf S, kemudian pilih Break Contour Group Apart. Bertujuan untuk memisahkan objek dengan contour yang diberikan. (klik gambar untuk lebih jelasnya)


10. Untuk langkah selanjutnya, kita berikan warna cerah sesuai keinginan kita. Warna-warna cerah yaitu seperti putih, kuning, magenta dan sebagainya. (klik gambar untuk lebih jelasnya)



11. Kemudian kita langsung convert objek contour tadi dengan cara pilih menu Bitmaps di menu bar. lalu pilih convert to bitmap



12. Diatas merupakan visualisasi saat kita masuk menu convert to bitmap. jika sudah sesuai klik OK.


13. Belum selesai sampai disini, kita pilih lagi menu Bitmaps, kemudian pilih menu blur - pilih gaussian blur. (klik gambar untuk lebih jelasnya)



14. Setelah kita klik gaussian blur, nanti tampilannya seperti diatas. Jika sudah sesuai kita pilih OK (klik gambar untuk lebih jelasnya)



15. Setelah kita OK maka tampilan efek cahaya sudah terlihat di objek.

Sekian tutorial yang admin berikan, jika ada yang belum bisa dipahami, silakan tinggalkan jejak pertanyaannya di komentar, Jazakumullohu Khoiron Katsiron.

Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Add your message to every single people do comment here!

Click to comment